BERITA

Hidup adalah Perjalanan: Mengenang Almarhum Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa Ir. H. Junaedi, M.Si (Alm)

Rabu, 22 Juni 2022   Kabid PPM   35  

Hidup adalah perjalanan…ya perjalanan tuk Kembali pulang. Hari ini tepat empat puluh hari kepergian almarhum pimpinan kami Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa (Alm) H. Ir. H Junaedi, M.Si,  mengenang beliau tidak pernah luput dari pandangan dan selalu terngiang pesan dan kesan yang sangat baik dalam menjalankan tugas dan Amanah sebagai pimpinan maupun sebagai seorang panutan, tauladan sosok ayah dan juga sahabat yang senantiasa mendengar dan merespon keluh kesah masukan saran dari stafnya.

Tepatnya Hari Jumat Tanggal 13 Mei 2022 pagi itu pukul 8 pagi kami menghadap beliau ke ruang kerjanya untuk berdiskusi dan menanyakan hal-hal teknis terkait bidang koordinasi pemerintahan dan Pembangunan manusia, dimana sebelumnya pada Hari kamis sore itu sudah ada niat melaporkan hal-hal teknis hasil Rapat koordinasi bersama TAPD yang dilaksanakan pada hari itu. Kami menyampaikan laporan dan hal-hal terkait koordinasi bidang pemerintahan dan Pembangunan Manusia, beliau almarhum menanggapi dan memberikan masukan dan saran banyak hal antara lain terkait dengan tugas dan fungsi sebagai ASN di Bappeda beliau menyampaikan agar kami betul-betul memahami dan mempelajari dengan baik tugas dan fungsi serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. Tiga hal pokok perencanaan, pengendalian dan evaluasi menjadi kata kunci dalam setiap pelaksanaan tugas dan fungsi dalam perencanaan Pembangunan daerah. 

Diskusi kami bersama almarhum saat itu larut dalam suasana haru mengenang beliau menceritakan perjalanan kariernya selama menjadi ASN di Kabupaten Sumbawa, menjalani Pendidikan S2 di Kota Yogyakarta, meniti karier di Bappeda di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa. Satu hal yang almarhum tegaskan dan pesankan pada kami saat itu yang selalu terngiang dan menjadi pesan bagi kami melanjutkan perjuangan dan dedikasi beliau dalam melaksanakan tugas dan fungsi perencanaan pembangunan daerah yaitu “ Rencanakan apa yang mungkin dilaksanakan, laksanakan apa yang sudah direncanakan dan jangan melaksanakan apa yang tidak direncanakan” .

Kami bersaksi beliau insan yang baik sangat baik sederhana dan selalu memperhatikan bawahannya dan mendengar keluh kesah bawahannya setidaknya hal itu menjadi catatan kenangan dan kesan yang baik dari kami semua, teriiring doa semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisiNya Alfatihah Aaamiin Aamiin Yaa Rabbal Alamiin….

Tugas kita selanjutnya adalah menjalankan tugas dengan baik dengan spirit dan semangat almarhum, bekerja untuk ibadah dan menjadikan ikhtiar terbaik kita sebagai amalan dan bekal untuk kembali pulang...

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pelaksanaan Riset Aksi Manajemen PSDAT bersama YPII Indonesia Water for Woman Project Monash University Australia

    Pelaksanaan Riset Aksi Manajemen Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu bersama Yayasan Plan International Indonesia Water for Woman Project Monash University Australia